G-Land, Kapan ya kesana ?

G-Land, katanya sih surga bagi para surfer. Katanya juga tempatnya indah. Setelah mendengar cerita dari teman2, jadi tertarik juga untuk datang ke G-Land.

Menurut wikipedia, Bob Laverty dan Bill Boyum adalah orang pertama yang mencoba pantai dan ombak di Pantai Plengkung pada tahun 1972. Pantai Plengkung itulah kini yang lebih dikenal dengan nama G-Land. Kemudian mereka mendirikan surf camp disana yang pada akhirnya dikenal luas oleh peselancar kelas dunia. Di akhir tahun 1970-an, seorang peselancar Bali, Bobby Radiasa mengambil alih surf camp tersebut dan masih berjalan hingga kini.

Pertama nama tempat ini saya dengar dari dexno yang kemudian menulis pengalaman hari pertamanya di G-Land. Semoga saja dalam kesempatan berangkat ke g-land berikutnya Pak Ode mengundang saya untuk ikut. *ngarep mode : ON*

Untuk menuju G-Land (Grajagan / Pantai Plengkung) saya bingung, mana sih yang bener ? Tapi sejauh yang saya tahu tempat itu lebih dikenal dg nama G-Land. Sudahlah kita pakai nama G-Land aja. Kita harus melewati Taman Nasional Alas Purwo, yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Melewati jalan berbatu, yang cukup melelahkan, katanya …

Meskipun tempat itu (Pantai Plengkung) adalah surga dunianya para surfer sedangkan saya tidak bisa surfing sama sekali, namun saya sangat antusias ingin segera berada dan berlibur disana. Sekalian metirta yatra di Pura Alas Purwo.

Nah berikut Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi di kopas dari Dephut.go.id

Sadengan.
Terletak 12 km (30 menit) dari pintu masuk Pasaranyar, merupakan padang pengembalaan satwa seperti banteng, kijang, rusa, kancil, babi hutan dan burung-burung.

Trianggulasi.
Terletak 13 km dari pintu masuk Pasaranyar berupa pantai pasir putih dengan formasi hutan pantai untuk kegiatan wisata bahari dan berkemah.

Pantai Ngagelan.
Terletak 7 km dari Trianggulasi untuk melihat beberapa jenis penyu mendarat untuk bertelur di pantai dan aktivitas penangkaran penyu.

Plengkung. Melihat perselancar profesional tingkat dunia yang sedang melakukan atraksi dan wisata penelusuran hutan.

Bedul Segoro Anak.
Bersampan, berenang, ski air di danau dan pengamatan burung migran dari Australia.

Goa.
Terdapat 40 buah tempat yang dapat disebut sebagai goa alam dan buatan antara lain Goa Jepang untuk melihat peninggalan dua buah meriam sepanjang 6 meter, Goa Istana, Goa Padepokan dan goa lainnya untuk wisata budaya dan wisata goa.

Tunggu saya, saya segera datang ke G-Land.

Tags:

9 comments